Selasa, 15 September 2020

Mau tau Umur kalian di Planet lain? Inilah jawabanya


                                                                                     

  Planet di tata surya kita sangat bervariasi, mulai dari Venus yang suhunya bisa mencapai 471 derajat celcius, hingga Neptunus yang sangat dingin hingga -201 celcius.  Selain berbagai suhu, masing-masing planet juga memiliki waktu respon bervariasi. Ini berarti bahwa durasi satu hari dari setiap planet juga mungkin berbeda.


Nah, tidak satu tempat untuk mempelajari perbedaan-perbedaan ini. Exploratorium museum ilmu mengembangkan kalkulator yang memungkinkan Anda melihat berapa usia Anda di planet lain.Caranya tinggal masukkan tanggal lahir Anda, kalkulator akan mengungkapkan usia Anda lengkap dengan hari tanggal bulan dan tahunya.


Gambar di ambil dari detik.com


Misalnya, orang yang lahir pada tanggal 4 Januari 1992, di Bumi adalah 28,6 tahun. Tapi di planet Mercury, usianya sekitar 119 tahun dan ulang tahun berikutnya adalah pada 28 November 2020.


Sementara di Neptune, dia baru menginjak 0,17 tahun dan ulang tahunya baru akan sampai pada tanggan 20 oktober 2156.


Exploratorium menjelaskan, Bumi benar-benar melakukan beberapa gerakan yang berbeda secara bersamaan. Ada dua hal yang sangat menarik perhatian mereka.

"Pertama, bumi berputar pada porosnya seperti gasing berputar. Kedua, Bumi berputar mengelilingi Matahari, seperti bola tali di ujung tali di sekitar tiang pusat," kata Exploratorium menjelaskan.

Satu hari ditentukan oleh waktu yang dibutuhkan untuk rotasi mirip Bumi pada porosnya. Tidak ada aturan yang mengatur tingkat rotasi planet, semuanya tergantung pada seberapa banyak putaran dalam materi asli yang membentuk masing-masing planet.


Exploratorium memberi contoh

"Jupiter adalah planet yang berukuran paling besar, berputar sekali pada porosnya setiap 10 jam, sementara Venus membutuhkan 243 hari untuk putaran pertama."


Sementara itu, revolusi bumi mengelilingi matahari adalah bagaimana kita mendefinisikan tahun. Exploratorium kemudian membandingkan dengan planet lain.

Sedangkan Bumi membutuhkan waktu 365 hari untuk membuat satu putaran terhadap mataharii, planet terdekat, Merkurius, hanya membutuhkan 88 hari, "katanya


Penasaran ingin tahu umur kalian di planet lain? Kalian bisa coba sendiri kalkulator penghitung usia di berbagai planet dengan mengunjungi tautan https://www.exploratorium.edu/ronh/age/.


Sumber : https://inet.detik.com/


Previous Post
Next Post

0 komentar: