Kamis, 03 September 2020

Kebiasaan sehari hari ini bisa merusak Ginjal?! apa saja?

  Ginjal merupakan oragan dalam kita yang mempunyai peranan yang sangat penting untuk mengatur supaya tubuh kita tetap sehat contohnya seperti memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah, menghilagkan kelebihan air, dan mengontrol kadar mineral dalam darah. Tanpa ginjal yang sehat bukan hanya aktifitas kita yang akan terganggu, tetapi juga akan membuat kita lebih besar terkena serangan jantung dan stroke.


   Denagan demikian menjaga kesehatan ginjal sangat penting untuk kita lakukan supaya mecegah terjadinya penyakit tersebut, dan salah satunya dengan menghindari kebiasaan buruk yang kerap kali ternyata bisa membuat ginjal kita cepat rusak, nah ada bebrapa kebiasaan yang biasa kita lakukan

   1. Terlalu sering mengkonsumsi makanan kemasan


    Kebanyakan makanan olahan mengandung Natrium yang banyak, yang memiliki dampak yang cukup buruk bagi jantung dan ginjal, ketika tubbuh terlalu banyak asupan garam tubuh perlu natrium saat buang air kecil dan meningkatkan jumlah air kencing dan meningktkan jumlah kalsim di dalam urin.
    Untuk menghindari terkena  batu ginjal, Center for disease Control  and Prevention  merekomendasikan setiap individu untuk mebatasi asupan garam pada 2300 miligram per hari.

2. Merokok


   Rokok adalah penyebab masalah berbagai masalah kronis bagi tubuh terutama salah satunya pada ginjal  Satu studi dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers, and Prevention menemukan bahwa menghentikan kebiasaan merokok selama 16 tahun atau lebih dapat mengurangi risiko karsinoma sel ginjal sebesar 40 persen. 
   Selain itu merokok juga dapat merusak pembuluh darah, meningktakan resiko tekanan darah, danitu merupakan faktor resiko terjadinya kerusakan pada ginjal.

3. Kurang minum


    Nah yang ini kebiasaan ini juga bisa membuat ginjal kita rusak. Sebab, menurut National Kidney Foundation tidak cukup minum air, bisa menyebabkan kurangnya cairan untuk membilas sistem agar kadar natrium tetap terjaga dan bersih dari limbah, dan juga tubuh yang dehidrasi lebih sulit menjaga tekanan darah.
    Padahal ginjal sangat sensitif terhadap aliran darah. Sehingga dehidrasi akan menyebabkan tekanan darah turun dan juga aliran darah ke ginjal ikut turun jika diabaikan beresiko menyebabkan ginjal bermasalah
  
     Nah itulah beberapa kegiatan sehari - hari yang bisa membuat ginjal kita rusak, jadi tetap jaga kesehatan ya dan jangan terlalu sering melakukan kegiatan diatas ya tetap sehat ya.
   

Previous Post
First

0 komentar: